11.4.16

Gula

Gula. Kalo denger kata gula yang terbayang pasti manis. Entah gula yang warna merah atau yang putih. Atau yang halus atau yang cair. Semuanya manis.

Begitu juga kalo udah dibilang gula darah. Kebayangnya di dalam darah ada satu bagian manis yang membentuk substansi darah. Manis.

Tapi gak bakal manis jadinya kalo lo kena diabetes. Atau yang biasa disebut orang "gula darahnya tinggi" atau "kencing manis".

Belum sampe materi diabetes. Tapi otak ini udah mikir gimana caranya biar gak kena "penyakit gula". Parno banget jadinya.

Sebenernya karena keturunan juga sih. Eyang (nenek dari pihak ibu) mengidap diabetes. Diabetesnya kemudian memperparah penyakit sirosis hatinya hingga almarhumah meninggal tahun 2008. Ibu juga sekarang sedang sakit, walau aku gak tau sakit apa tapi aku tau ibu bawa keturunan penyakit gula and it can hurt her someday.

Then, me. Aku harus hentikan rantai berbahaya ini kalo gak mau anakku ikut menderita. Tubuh anakku akan terbentuk dari darahku. Jika darahku isinya gula, so then him/her. Atau kalo gak sekarang ya bisa nanti.

Intinya sih whatever you do, you have to control your sugar intake.

Jadi sejak beberapa bulan yang lalu aku mulai melihat komposisi, dan mengecek kadar gula di setiap tabel Informasi Nilai Gizi. Gak sulit kok, paling bikin kesel kasir aja soalnya lama banget di depan kulkas.

Keep healthy!

Pesan untuk Hari Kesehatan Dunia 7 April 2016

2 komentar:

  1. HOW TO STOP GULA DALAM DARAH BIAR GAK OVER !?

    BalasHapus
    Balasan
    1. perhatikan your sugar intake, learn more about diabetes~

      Hapus